Langsung ke konten utama

saatnya adaptasi kebiasaan baru

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya kawan. Ya memang saat ini kita semua mungkin sering diingatkan entah oleh saudara sendiri atau kawan untuk selalu jaga kesehatan. Apalagi mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk selalu jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Wabah pandemi yang melanda negeri ini menuntut semua pihak untuk segera bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru, termasuk saya sendiri yang harus bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang. Adaptasi baru harus dilakukan agar tidak terjadi penularan virus, walau kadang masih banyak pihak-pihak yang tidak mengindahkan anjuran Pemerintah kalau kita melihat postingan di sosial media atau berita terkini.


Ya saat ini anjuran yang siapapun bisa mengatakannya dan saling mengingatkan satu sama lain. Tetapi dalam penerapannya saya melihat masih banyak yang tidak menjakankannya. Pemerintah saat ini sudah menggalakkan yang namanya 3M, yaitu Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan. Seperti apa yang disampaikan Dr. Rose Mini Agus Salim, M.Psi yang menyatakan ada beberapa cara untuk bisa meningkatkan kesadaran diri dalam adaptasi kebiasaan baru. Pertama itu perkuat moral virtue, kenali manfaat 3 M, terapkan kebiasaan konsisten dan mulailah dari diri sendiri. Lalu saatnya bawa pengaruh tersebut ke lingkungan sendiri agar bisa menjadi contoh untuk lingkungan.


Seperti apa yang disampaikan oleh dr. Riskiyana S. Putra, M. Kes bahwa saat ini kita harus menerapkan 3M secara disiplin dan ini salah satu bentuk nyata yang bisa kita semua lakukan untuk memutus rantai Covid-19 dan saya yakin jika kita semua kompak maka wabah ini bisa segera berakhir. Kalau semua ini berlarut-larut diyakini akan berpengaruh kekeadaan perekonomian, karena memang ini berdampak kesemua aspek. Jangan sampai kesadaraan terhadap 3M menurun, maka kita semua harus bisa terus saling mengingatkan. 

Saya yakin ketika kita update informasi termasuk update sosial media, banyak sekali pihak-pihak yang tidak pernah henti-hentinya untuk terus share terkait protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. Jika teman-teman ikut Komunitas apapun itu, saya yakin Komunitas tersebut akan selalu share informasi positif untuk dapat mengikuti protokol kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya yang saya lihat yaitu dibeberapa sosmednya Bloggercrony yang bisa terus merangkul para anggotanya untuk bisa berbagi dan share apapun yang bisa kita lakukan saat ini untuk bisa tetap survive. Salah satu yang saya ingat, yaitu mengajak para anggotanya untuk sharing dimedsosnya ketika bertemu pedagang yang tetap menerapkan protokol kesehatan saat mereka berjualan. Ini mungkin langkah kecil nyata yang secara tidak langsung bisa sama-sama untuk saling mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.


Adaptasi kebiasaan baru saya akui bukan perkara mudah. Saya sendiri ketika bertemu saudara sendiri yang entah darimana terkadang sulit untuk jaga jarak. Perlahan tapi pasti saya berusaha untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Istri aja sampai merasa terheran-heran karena saya cukup rajin mengingatkan agar selalu cuci tangan dan jaga jarak ketika dimanapun berada. Jangan sampai keegoisan kita terhadap protokol kesehatan malah merugikan diri sendiri dan keluarga. Selalu selalu ya dimanapun kalian berada.








Komentar

  1. yang paling penting tetap pakai masker ya mas
    ini yang mulai disepelekan banyak orang
    apalagi bagi mereka yang sudah tidak percaya covid
    sedih lihatnya
    makanya kita harus tetap konsisten pakai masker dan PHBS lain serta mengkampanyekan kepada orang sekitar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Apa Dengan YKAN dan CTBC BANK?

Hai semua, kali ini saya akan share mengenai pelestarian alam dan hubungannya dengan donasi. Jujur saja saya baru mengetahui bahwa kita semua dapat berdonasi secara langsung mengenai pelestarian alam dan kehidupannya melalui salah satu bank di Indonesia. Tepatnya kurang lebih nabung sambil berdonasi. Bersama para teman-teman blogger, kami mengikuti sharing session bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN ) dan CTBC BANK . Diwakili oleh Kak Sally Kailola  yang menginformasikan mengenai apa saja yang telah beliau lewati bersama YKAN dan tentu saja keragaman hayati darat dan laut Indonesia yang begitu eksotis. Termasuk perlu adanya menjaga kestabilan alam secara berkelanjutan. Kenapa harus ada Konservasi Alam? Tahukah anda bahwa saat ini begitu banyak keaneka ragaman hayati di Indonesia. Begitu kaya akan keanekaragaman hayati lautnya, dimana terdapat 6 dari 7 spesies penyu dunia terdapat di Indonesia. Begitu juga dengan terumbu karangnya, sebesar 75% spesies t

Serunya Gowes bersama PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Banyak hikmah yang bisa diambil atas apa yang terjadi saat ini, salah satunya semakin banyaknya orang-orang yang rajin bersepeda. Saya hampir setiap weekend melewati jalan sudirman, dimana banyak sekali orang-orang bersepeda membuat barisan dan beriringan, atau bahkan hanya sekedar menepi sambil menikmati indahnya malam pusat kota. Saat ini wabah pandemi masih ada disekitar kita, semoga mereka yang rajin bersepeda secara berkelompok tetap melalukan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Saya juga lumayan rajin bersepeda sebelum adanya wabah pandemi, ya walau hanya berputar sekitaran rumah saja. Saatnya Hidup Aktif dan Sehat PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride Saat ini begitu pentingnya kita untuk tetap menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Salah satunya bisa dengan bersepeda untuk terus menjaga kesehatan seperti halnya kegiatan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride yang telah berlangsung dari tgl 20 hingga 23 agustus kemarin. Ajang bersepeda i

Program Unggulan Garuda Select - The Series hanya ada di MOLA TV

Saat ini saya masih terheran-heran dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia namun masih belum bisa bersaing dengan negara lain dalam hal sepak bola, lain cerita kalau berbicara bulutangkis. Jangankan untuk bersaing dikancah dunia, sekelas ASEAN saja para pemain senior kita sudah tidak terlihat lagi taringnya. Hal ini justru berbeda dengan para pemain junior yang begitu terlihat taringnya ketika berlaga dibeberapa kejuaraan baru-baru ini. Saya berharap mereka tetap konsisten dan terus diasah kemampuannya agar mampu menaklukan daratan Eropa. Kenapa Eropa? Karena disanalah kiblat sepakbola dunia terutama Liga Inggrisnya yang selalu mencuri perhatian jutaan penonton. Siapa yang tidak kenal Duo Manchester, Chelsea, Arsenal, Liverpool atau Leicester City yang mampu bersaing dipapan atas. Berbicara mengenai Liga Inggris dimana banyak sekali pencinta sepakbola yang rela menghabiskan weekendnya untuk menonton klub kesayangannya bertanding. Hal ini yang mencoba dijawab oleh MOLA