Langsung ke konten utama

Semangat Untuk Para Survivor Kanker


Hai semua bagaimana kabarnya? Selalu jaga kondisi ya, apalagi cuaca akhir-akhir ini di bulan Februari suka tidak menentu. Saya sendiri sempat drop beberapa hari, alhamdulillah saat ini sudah sehat, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan bisa terus menjalankan aktivitas. Saat ini dikondisi yang seperti ini sangat mudah bagi siapapun untuk rentan terkena penyakit, jadi harus pintar-pintar untuk jaga kondisi tubuh. 

Di awal bulan februari ini saya berkesempatan untuk ikut sharing bersama Kementrian Kesehatan, tepatnya mengenai Hari Kanker Sedunia bersama Prof Dr dr Soehartati A Gondhowiaedjo, So. Dad(K)OnkRad mengenai pentingnya kita menjaga kesehatan, terutama juga lakukan deteksi dini. Pola hidup yang kita lakukan juga harus lebih sehat dengan menjaga pola makan yang teratur dan seimbang. Penting banget untuk cek lingkang perut, jangan sampai melewati ambang batas. Untuk yang ingin deteksi dini, jangan takut akan biayanya yang sangat tinggi, karena deteksi dini di puskesmas itu ditanggung oleh BPJS.


Berbicara mengenai Kanker tentu tidak mengenal gender dan batasan usia, karena bisa menyerang siapa saja. Ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang pria yaitu kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker prostat dan kanker hati. Untuk kanker yang sering dialami oleh wanita adalah kanker paudara, kanker leher rahim, kanker kolorektal, kanker ovarium dan kanker paru. Sedangkan yang sering terjadi pada anak-anak adalah kanker bola mata dan kanker darah.

Kita harus tahu apa-apa saja yang harus diperhatikan terkait gejala kanker, karena sering sekali orang yang sudah terkena kanker tidak menyadarinya. Ternyata ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada tidaknya kanker dengan WASPADA, yaitu :
Waktu buang air besar atau kecil dan perubahan kebiasaan atau gangguan
Alat pencernaan terganggu dan susah menelan
Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
Payudara atau ditempat lain ada benjolan (tumor)
Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya menjadi gatal dan besar
Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
Adanya koreng atau borok yang tidak mau sembu-sembuh

Tentu kita semua tidak menginginkan penyakit kanker berada ditubuh kita, maka dari itu lakukanlah gaya hidup sehat dan menjauhkan diri kita dari faktor risiko terserang kanker. Sebesar 43% kanker dapat dicegah dan dilakukan deteksi dini seperti kanker leher rahim, kanker payudara dan kanker kolorektal.  Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya kanker, diantaranya:
• Makanan yang kontak dengan zat-zat kimia yaitu 6P : Penyedap, Pewarna, Perasa, Pengawet (Pengasinan, Pengasapan)
• Polutan
• Diet tidak seimbang, rendah serat, tinggi lemak
• Kurangnya aktifits fisik
• Paparan asap rokok dan produk tembakau
• Paparan lingkungan berbahaya
• Konsumsi alkohol
• Perilaku seksual yang berisiko
• Paparan sinar ultra violet
• Heriditas / keturunan

Bukanlah perkara mudah menghindari beberapa faktor risiko diatas, tapi setidaknga mulai sekarang setelah mengetahui hal tersebut secara perlahan dapat kita hindari semuanya. Karena setiap 1 detik akan ada 1 orang yang terkena penyakit kanker diseluruh dunia.


Saat ini tepatnya di Indonesia sudah ada Pusat Kanker Terpadu yang berlokasi di RSCM yang dipelopori oleh Prof Dr dr Soehartati yang ternyata juga diprakarsai oleh 10 dokter RSCM yang telah menyisihkan gajinya setiap bulan selama 10 tahun yang baru saja diresmikan. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kecepatan pelayanan bagi pasien kanker. Karena untuk penangana kanker sendiri tentu tidak boleh terlambat, jadi diperlukan penanganan secepat mungkin. 

Saya yakin diluar sana masih ada yang sedang berjuang melawan penyakit kanker, semangat terus untuk mereka dan tentunya keluarga yang merawatnya. Bukanlah hal yang mudah, seperti apa yang telah dishare oleh Bu Friska Batubara yang telah merawat sang ayah yang terkena kanker. Ayah beliau yang dirawat di rumah sakit di Indonesia merasa pelayanan disini sudah sangat bagus, tidak kalah dengan rumah sakit di luar negeri.  Semnagat dari keluarga terdekat begitu penting untuk kesembuhan orang-orang yang terkena kanker, didepan mereka kita harus kuat agar mereka juga kuat. Jangan sampai kita yang merawatnya down apalagi tidak semangat tentu saja akan mempengaruhi semangat hidup si pasien. Semangat saya untuk kalian semua para survivor kanker, selalu ada hikmah dari semua kejadian yang kita alamai. Tetap kuat dan semangat untuk menjalani hidup.

#DeteksiDiniSavesLives 
#IAmAndIWill

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memutus Mata Rantai Penularan Kusta dengan Kolaborasi Pentahelix

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya, terutama untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti talkshow ruang publik KBR yang mengusung tema hapuskan stigma dan diskriminasi kusta, semoga ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan semua pihak tentang pentingnya meletakkan kesehatan sebagai prioritas dari semua aspek kehidupan. Berbicara mengenai kusta, penyakit yang satu ini seringkali terlupakan, terbukti hingga saat ini Indonesia tetap menempati urutan ke-3 sebagai penyumbang kasus baru kusta dengan 17.000 kasus baru per tahunnya.  Perlu adanya tanggung jawab bersama kita semua, terutama dalam upaya edukasi masyarakat untuk memutus mata rantai penularan kusta secara komprehensif di masyarakat, untuk itu kolaborasi pentahelix yang melibatkan lintas sektor perlu dilakukan. Pihak akademisi, Pemerintah, pelaku bisnis, komunitas hingga media harus bersatu untuk memutus mata rantai pe

Hometown Dairy Fresh Milk Susu Favorite Keluargaku

Hallo Teman-temanku apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat walfiat,produktif dan selalu semangat dalam menjalankan kegiatan pada masa pandemi ini. Pada saat pandemi ini menjaga kesehatan dan pikiran positif lebih penting karena buat meningkatkan imunitas kita. Biasanya saya selalu menjaga pola makan sehat seperti makan buah, sayuran, dan susu. Selain pola makan kita harus rutin olahraga supaya tidak melar badan karena dirumah aja hihihi. Kalo ngomongin susu saya paling suka Hometown Dairy Fresh Milk karena merupakan susu segar yang very creamy banget.    Tentang Hometown Dairy Fresh Milk  Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar),maka hometown hanya tahan sebentar. Susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada yang diambil dari susunya juga. Jadi keep as it is seperti zaman dulu masih real. Kalian wajib coba karena susunya segar dan enak terus natural banget dengan cream alami susu, nothing added

Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir dengan Alfagift

Saat ini sepertinya kita semua lumayan sering ya belanja di toko online, apalagi di tengah situasi saat ini yang mengharuskan kita semua lebih baik untuk tetap di rumah aja. Saya termasuk orang yang suka memanfaatkan jasa kurir online dari toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau lokasi rumah yang lumayan jauh jaraknya tentu sangat terbantu sekali dengan adanya minimarket yang bisa mengantarkan langsung pesanan ke rumah saya. Saya yakin diantara teman-teman semua pasti sering bangetkan ke Alfamart ? Lokasinya yang sudah tersebar dimana-mana memudahkan siapapun untuk dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, karena memang semua ada banget di Alfamart . Mungkin diantara teman-teman semua ada yang lumayan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau kegiatan lainnya yang memungkinkan kawan-kawan tidak punya cukup waktu walau sekedar untuk belanja langsung ke Alfamart . Nah ternyata ada solusinya lho dengan hadirnya aplikasi Alfagift persembahan dari Alfamart . Jadi