Langsung ke konten utama

Bebas Nyeri Trigeminal Neuralgia di RS Pusat Otak Nasional

Hai semua, bagaimana kabarnya kalian hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Jangan lupa untuk selalu jaga kondisi dikala cuaca yang gak nentu belakangan ini. Saat bangun tidur saja, saya merasa pipinya agak sakit saat ditekan, ternyata ada yang bengkak di bagian gusinya. Ya memang belakangan ini gigi juga sedang bermasalah hingga nyeri di bagian pipi. Memang ya kalau nyeri di wajah rasanya gak karuan deh, seperti ada yang bermasalah gitu di sarafnya atau bagian dalamnya. Solusi terbaiknya kalau sudah urusan satu ini ya memang harus langsung dikonsultasikan ke dokter. Jangan pernah menunda untuk nanti-nanti, karena kita yang bener-bener awam mengenai penyakit harus langsung bertanya kepada dokter ahlinya.

Bicara mengenai nyeri di wajah, ternyata saya baru mengetahui saat berkesempatan untuk menjadi bagian pada Trigeminal Neuralgia Awareness Day yang jatuh pada 7 Oktober. Saya bersama rekan-rekan lainnya berkesempatan untuk bisa hadir pada Blogger Gathering yang berlangsung di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Hadir juga beberapa jajaran dokter, pada kesempatan tersebut hadir juga dr. Mursyid Bustami, Sp.S(K), KIC, MARS selaku Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional  yang membuka acara.

Beliau mengatakan bahwa bebas dari nyeri adalah hak asasi setiap manusia, untuk itu perlu adanya penanganan khusus yang ditangani oleh para ahlinya. Ketika seseorang sudah merasa nyeri pada wajah tentunya dia akan mencari dokter, bahkan ada orang-orang yang bahkan untuk sikat gigi saja merasa enggan saking nyerinya pada wajah akibat terkena nyeri Trigeminal Neuralgia. Untuk itu di RS Pusat Otak Nasional (PON) terdapat fasilitas yang lengkap untuk mereka yang ingin periksa nyeri Trigeminal Neuralgia.

Apa itu Trigeminal Neuralgia
Semacam gejala nyeri pada satu sisi wajah akibat adanya gangguan pada saraf Trigeminal. Rasa nyerinya sendiri bisa muncul di salah satu sisi wajah dan paling sering terjadi di wajah bagian bawah dan rahang. Trigeminal Neuralgia bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik hingga sekitar 2 menitan lho. Serangan nyerinya dapat muncul setiap hari selama beberapa hari hingga beberapa bulan, rasanya seperti ditusuk benda tajam atau tersengat listrik.


Urutan Pengobatan Trigeminal Neuralgia
Seperti apa yang disampaikan oleh dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS bahwa ada sekitar 21,9% pasien yang tidak mengetahui diagnosis penyakitnya, semoga dengan adanya kepedulian kita semua pada Trigeminal Neuralgia kedepannya akan semakin banyak orang-orang yang dapat menemukan informasi yang tepat.

Ada urutan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mereka yang menderita nyeri wajah. Diawali dengan wawancara medis lalu pemeriksaan fisik dan diagnosis yang dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang radiologis seperti MRI kepala untuk mengetahui penyebab dari Trigeminal Neuralgia. Selanjutnya dilakukan medikamentosa termasuk bedah mikro untuk penanganan sesuai indikasinya. Penanganan yang tepat tentunya diawali dengan diagnosis yang tepat agar tindakan berikutnya dapat segera tertangani dengan baik. Pemberian obat juga harus disesuaikan dengan nyeri yang terjadi dan untuk terapinya sendiri dilakukan sesuai dengan keadaan pasien.


Tindakan Bedah Mikro atau Micro Vascular Decompression (MVD)
Untuk operasi MVD sendiri terkadang sering ditanyakan oleh pasien mengenai tingkat keamanannya. Seperti apa yang disampaikan oleh dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS bahwa ada prosedur yang teliti ketika akan dilakukan tindakan bedah mikro (MVD). Adanya strategi intra operatif diawali dengan rencana yang tepat, termasuk adanya tindakan dan alat yang khusus agar hasil terbaik yang didapatkan. Operasinya sendiri dilakukan dengan memindahkan atau mengangkat pembuluh darah yang berdekatan dengan saraf trigeminal. Nantinya pembuluh darah tersebut akan dijauhkan dengan saraf trigeminal, lalu akan diberikan bantalan halus di antara keduanya. 

Teknologi bedah saraf RS PON sudah yang termutakhir, karena dengan alat yang memadai dan tim terbaik yang dimiliki RS PON maka diharapkan hasil terbaik dari adanya tindakan MVD. Ketelitian dan persiapan yang matang  memang diperlukan selain adanya alat yang menunjang agar didapat hasil terbaik dari operasi MVD. Harapannya hasil yang happy untuk pasien dan juga keluarga pasien.

Mereka yang sembuh dengan MVD di RS PON
Saat berlangsungnya blogger gathering di RS PON, hadir juga Pak Abdul dan Ibu Novita yang sembuh dengan MVD di RS PON setelah masa-masa sulit yang mereka alami sebelumnya. Mereka hadir untuk menjelaskan sedikit kisah yang mereka alami ketika terkena nyeri Trigeminal Neuralgia. Mereka merasa mulai dari proses awal hingga adanya tindakan MVD dilakukan secara detail di RS PON agar hasil terbaik yang didapatkan.  Informasi mulai dari awal konsultasi yang intens hingga akhirnya yakin dilakukan tindakan operasi memang perlu keyakinan yang kuat, untuk itu dukungan keluarga begitu berarti.

Beragam informasi saat ini memang dengan sangat mudah didapatkan, harapannya tentu informasi yang tepat yang didapatkan. Jangan ragu untuk segera konsultasi ke RS PON, apalagi saat ini peralatan dan fasilitasnya begitu lengkap dan siap memberikan pelayanan terbaiknya. Happy happy surgery dan saatnya semua bisa sembuh dengan MVD di RS PON.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir dengan Alfagift

Saat ini sepertinya kita semua lumayan sering ya belanja di toko online, apalagi di tengah situasi saat ini yang mengharuskan kita semua lebih baik untuk tetap di rumah aja. Saya termasuk orang yang suka memanfaatkan jasa kurir online dari toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau lokasi rumah yang lumayan jauh jaraknya tentu sangat terbantu sekali dengan adanya minimarket yang bisa mengantarkan langsung pesanan ke rumah saya. Saya yakin diantara teman-teman semua pasti sering bangetkan ke Alfamart ? Lokasinya yang sudah tersebar dimana-mana memudahkan siapapun untuk dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, karena memang semua ada banget di Alfamart . Mungkin diantara teman-teman semua ada yang lumayan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau kegiatan lainnya yang memungkinkan kawan-kawan tidak punya cukup waktu walau sekedar untuk belanja langsung ke Alfamart . Nah ternyata ada solusinya lho dengan hadirnya aplikasi Alfagift persembahan dari Alfamart . Jadi

Hometown Dairy Fresh Milk Susu Favorite Keluargaku

Hallo Teman-temanku apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat walfiat,produktif dan selalu semangat dalam menjalankan kegiatan pada masa pandemi ini. Pada saat pandemi ini menjaga kesehatan dan pikiran positif lebih penting karena buat meningkatkan imunitas kita. Biasanya saya selalu menjaga pola makan sehat seperti makan buah, sayuran, dan susu. Selain pola makan kita harus rutin olahraga supaya tidak melar badan karena dirumah aja hihihi. Kalo ngomongin susu saya paling suka Hometown Dairy Fresh Milk karena merupakan susu segar yang very creamy banget.    Tentang Hometown Dairy Fresh Milk  Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar),maka hometown hanya tahan sebentar. Susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada yang diambil dari susunya juga. Jadi keep as it is seperti zaman dulu masih real. Kalian wajib coba karena susunya segar dan enak terus natural banget dengan cream alami susu, nothing added

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali.  Peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncu