Langsung ke konten utama

IKN Kota Dunia Untuk Semua

Sudah sejak lama saya penasaran, sudah sejauh mana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Saat kita baca berita, mungkin ada yang masih meragukan akan proses pembangunannya kalau tidak melihat langsung dengan mata sendiri. Dengan adanya para influencer yang langsung menuju pembangunan IKN beberapa saat lalu, semakin banyak dari kita semua termasuk saya yang begitu takjub akan pembangunan IKN yang diperkirakan rampung di tahun 2045, jadi memang benar nyata ya proses pembanguna IKN yang sedang berlangsung saat ini.

Temu Influencer Proses Pembangunan IKN

Saya sebagai generasi muda begitu antusias akan setiap proses yang berlngsung sampai bisa selesai secara menyeluruh pembanguna IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur dengan proses pembangunannya saat ini sudah mencapai 56%.

Temu Influencer di Kembang Goela Jakarta
Beberapa hari lalu, saya dan para influencer lainnya berkesempatan untuk bisa menyimak secara langsung perkembangan IKN dengan beberapa narasumber yang keren-keren, seperti:
- Ibu Septriana Tangkary - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim
- Bapak Danis Hidayat Sumadilaga - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN
- Bapak Achmad Jaka Santos - Sekretaris Otorita IKN
- Bapak Troy Pantouw - Juru Bicara Otoritas IKN
- Bapak Alvin Fernandez - Konten Kreator
yang dipandu oleh Andromeda Mercury yang pada kesempatan tersebut membahas mengenai sudah sejauh mana pembangunan IKN yang berlokasi di Kembang Goela Jakarta.

Mengusung Konsep Forest City dan Smart City
Pembangunan IKN yang mengusung konsep kota hutan (forest city) dan smart city tentu sudah dipikirkan secara matang-matang yang melibatkan banyak ahli. Tujuannya tentu akan menjadikan kota yang sehat, efisien, produktif dan bersahabat bagi siapa saja. Saya sendiri satu dari banyak masyarakat Indonesia yang sudah tidak sabar, bahkan ingin sekali melihat langsung perkembangan pembangunan IKN secara langsung.

Proses Pembangunan Gedung Istana Negara

Untuk pembangunannya memang dibagi menjadi 5 tahap, untuk saat ini infrastruktur dasar yang utama sudah selesai dibangun dan beroperasi. Proses pembangunanya sendiri sudah berjalan sejak 2022 dan diharapkan rampung di 2024. Infrastruktur yang utama meliputi penyediaan air minum, ketenagalistrikan, TIK, pengelolaan persampahan dan pengelolaan air limbah untuk penduduk pionir.

Saat ini pembangunan sarana utama sedang berlangsung, dimana melibatkan sekitar 12.000 para pekerja dan alat-alat berat sekitar 2.000 yang diterjunkan. Sudah banyak beredar video yang bisa kita lihat, kalau saat ini sedang dalam progress pembangunan seperti Kantor dan Istana Presiden, termasuk perkantoran dan perumahan. Karena nantinya akan dilangsungkan secara bertahap pemindahan ASN tahap awal dan juga sektor-sektor ekonomi prioritas.

Melibatkan 12000 Pekerja dan 2000 Alat-Alat Berat

Ada 5 Fase Pembangunan IKN
Menariknya, peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun depan rencananya akan dilaksanakan di IKN dengan target pembanguna IKN akan selesai pada tahun 2045 melalui 5 fase. 
- Fase Pertama (2022-2024) berfokus pada pemindahan tahap awal
- Fase Kedua (2025-2029) membangun IKN sebagai area inti yang tangguh
- Fase Ketiga (2030-2034) melanjutkan pembanguna IKN dengan lebih progresif
- Fase Keempat (2035-2039) membangun seluruh infrastruktur & ekosistem tiga kota untuk percepatan pembanguna Kalimantan
- Fase Kelima (2040-245) moengokohkan reputasi sebagai Kota Dunia Untuk Semua

Terdapat 5 Tahap Fase Pembangunan IKN

Lalu bagaimana dengan hutan yang ada di Kalimantan? Sepertinya ini jadi pertanyaan banyak orang termasuk saya. Dijelaskan dalam temu influencer saat itu kalau hutan seluas 166 ribu hektar, nantinya akan dikonversi menjadi hutan tropis yang memang sejalan dengan konsep dari IKN yaitu Smart and Sustainable Forest City yang nantinya akan menjadi kota dengan carbon neutral di 2045.

Perjalanan pembangunan IKN memang masih sangat panjang, dibutuhkan dukungan semua pihak agar proses pembangunan IKN dapat berjalan lancar. Saatnya kita semua sama-sama ikut membangun IKN, dan siapapun bisa terus menyebarkan berita positif mengenai IKN agar semakin tersebar ke seluruh masyarakat. Kalian juga bisa mengetahui secara detail mengenai IKN di websitenya langsung, atau bisa follow instagramnya IKN di @ikn_id tentunya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali.  Peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncu

pulse asisten kesehatan dalam genggaman

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta lagi gak menentu, terkadang hujan deras yang cukup lama lalu besoknya matahari begitu teriknya. Kondisi seperti inilah yang gampang bikin siapapun mudah sakit, apalagi jika kita kurang menjaga kondisi tubuh. Hidup di kota besar yang serba cepat ternyata dapat membuat seseorang mudah stres, kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak teratur. Jika hal ini terus menerus dilakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit. Jika sudah sakit maka melakukan hal apapun tentu akan menjadi hal yang tidak mudah dan orang-orang disekitar kita juga akan terkena dampaknya seperti harus membelikan obat atau bahkan harus menjaga kita yang sakit. Jangan sampai salah mendiagnosa diri sendiri sedang terkena penyakit apa, jika sampai salah justru akan berujung pada kesehatan yang semakin buruk. Dikehidupan yang semakin modern ini ternyata permintaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin tinggi termasuk melalu dunia digital. Untuk itu had