Langsung ke konten utama

Wajah Industri Selular dan Tantangannya di Tahun 2020



Hari ini bertempat di Hotel Aston Priority, TB Simatupang saya menghadiri TELCO OUTLOOK 2020 yang juga dihadiri oleh para pembicara hebat. Hadir Dirjen SDPPI Kominfo Ismail, Board Member ATSI (Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia) Arief Musta'in, dan CEO Huawei Indonesia Vanness You. Acara dibuka langsung oleh Pak Uday Rayana selaku CEO Selular. Banyak juga para praktisi di industri telekomunikasi yang hadir dalam rangka pembahasan mengenai gimana membangun 4G sebagai landasan untuk segera membangun jaringan 5G, dimana Indonesia sendiri akan terus menjadi target pasar industri selular.

Diharapkan dengan adanya 5G tentu akan berdampak pada sektor-sektor utama seperti manufaktur dan jasa sebagai kontributor terbesar perekonomian secara menyeluruh. Teknologi 5G dipastikan akan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi digitial, dimana disinyalir dapat menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia di masa depan.

Sangat menarik jika kita mencermati bagaimana wajah industri selular saat ini ditengah tumbuhnya Ekonomi Digital. Adanya prospek ekonomi digital juga tercermin dari semakin berkembangnya layanan berbasis IoT (Internet of Things) dan Big Data, FinTech, e-commerce, mobile gaming, video/music streaming, logistik dan layanan digital lainnya.

Berbicara mengenai tarif antar operator saat ini kita semua sudah bisa melihat bahwa operator sudah tidak terlalu jor-joran bahkan cenderung semakin rasional.


Sharing session dari CTO Huawei Indoensia yaitu Mr. Vanness You yang memberikan paparannya di TELCO OUTLOOK 2020. Banyak hal yang beliau sampaikan terkait industri selular saat ini dan bagaimana menghadapinya ditengah tumbuhnya ekonomi digital.

Hadir juga dalam diskusi panel perwakilan dari Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo dan perwakilan dari industri ekonomi digital lainnya yang akan sharing apa yang telah dilakukan selama tahun ini dan apa yang akan menjadi tantangan masing-masing pihak di 2020.

Tantangan di 2020
Ada beberapa tantangan yang akan dihadapi di 2020, dimana ada tren bisnis yang berubah seperti internet of machines, robot, termasuk mobile apps di segala sektor. Berbicara mengenai regulasi tentu adanya RUU Perlindungan Data serta RUU Ketahanan dan Kemanan Siber. Termasuk juga adanya ancaman resesi dunia di 2020 dan fenomena bakar uang dalam bisnis digital ini.





Bisnis yang menarik selain jualan services, yaitu memberikan layanan support kepada ekonomi digital. Bagaimana mereka mampu tumbuh membaca peluang dalam bisnis digital ini. Masing-masing provider begitu optimis menyambut 2020 termasuk pembangunan infrastruktur.

Semoga di 2020 Indonesia semakin siap dalm hal pembangunan infrastruktur, khususnya BTS 4G yang mulai menjangkau semua wilayah. Tak hanya perkuat kualitas jaringan, namun juga mendorong tumbuhnya layanan-layanan baru yang berpotensi meningkatkan revenue operator.

#TelcoOutlook2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memutus Mata Rantai Penularan Kusta dengan Kolaborasi Pentahelix

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya, terutama untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti talkshow ruang publik KBR yang mengusung tema hapuskan stigma dan diskriminasi kusta, semoga ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan semua pihak tentang pentingnya meletakkan kesehatan sebagai prioritas dari semua aspek kehidupan. Berbicara mengenai kusta, penyakit yang satu ini seringkali terlupakan, terbukti hingga saat ini Indonesia tetap menempati urutan ke-3 sebagai penyumbang kasus baru kusta dengan 17.000 kasus baru per tahunnya.  Perlu adanya tanggung jawab bersama kita semua, terutama dalam upaya edukasi masyarakat untuk memutus mata rantai penularan kusta secara komprehensif di masyarakat, untuk itu kolaborasi pentahelix yang melibatkan lintas sektor perlu dilakukan. Pihak akademisi, Pemerintah, pelaku bisnis, komunitas hingga media harus bersatu untuk memutus mata rantai pe

Hometown Dairy Fresh Milk Susu Favorite Keluargaku

Hallo Teman-temanku apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat walfiat,produktif dan selalu semangat dalam menjalankan kegiatan pada masa pandemi ini. Pada saat pandemi ini menjaga kesehatan dan pikiran positif lebih penting karena buat meningkatkan imunitas kita. Biasanya saya selalu menjaga pola makan sehat seperti makan buah, sayuran, dan susu. Selain pola makan kita harus rutin olahraga supaya tidak melar badan karena dirumah aja hihihi. Kalo ngomongin susu saya paling suka Hometown Dairy Fresh Milk karena merupakan susu segar yang very creamy banget.    Tentang Hometown Dairy Fresh Milk  Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar),maka hometown hanya tahan sebentar. Susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada yang diambil dari susunya juga. Jadi keep as it is seperti zaman dulu masih real. Kalian wajib coba karena susunya segar dan enak terus natural banget dengan cream alami susu, nothing added

Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir dengan Alfagift

Saat ini sepertinya kita semua lumayan sering ya belanja di toko online, apalagi di tengah situasi saat ini yang mengharuskan kita semua lebih baik untuk tetap di rumah aja. Saya termasuk orang yang suka memanfaatkan jasa kurir online dari toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau lokasi rumah yang lumayan jauh jaraknya tentu sangat terbantu sekali dengan adanya minimarket yang bisa mengantarkan langsung pesanan ke rumah saya. Saya yakin diantara teman-teman semua pasti sering bangetkan ke Alfamart ? Lokasinya yang sudah tersebar dimana-mana memudahkan siapapun untuk dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, karena memang semua ada banget di Alfamart . Mungkin diantara teman-teman semua ada yang lumayan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau kegiatan lainnya yang memungkinkan kawan-kawan tidak punya cukup waktu walau sekedar untuk belanja langsung ke Alfamart . Nah ternyata ada solusinya lho dengan hadirnya aplikasi Alfagift persembahan dari Alfamart . Jadi