Langsung ke konten utama

Kenal lebih dekat dengan Parkinson


Hai semua, semoga selalu dalam keadaan sehat dan mampu beraktivitas seperti biasa ya. Dengan kondisi yang bugar tentu kita semua dapat leluasa melakukan aktivitas apapun. Sekarang mungkin kondisi kita dalam keadaan sehat bugar, namun tidak ada yang memprediksi apa yang akan terjadi besok. Begitupun dengan masalah kesehatan dan keamanan selama kita menjalani kegiatan sehari-sehari, semua bisa terjadi dalam hitungan detik kemungkinan seseorang bisa terkena musibah. Untuk itu perlu secara dini melakukan cek atau medical check up secara rutin agar tidak terjadi sesuatu hal dikemudian hari.

Alhamdulillah saya berkesempatan hadir dalam rangka acara Vlogger dan Blogger Gathering untuk mengenal Parkinson bersama dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S. Saya yang masih muda ini perlu belajar banyak hal tentang dunia kesehatan, agar dikemudian hari ilmu yang saya dapatkan setidaknya bisa menolong diri saya sendiri, lalu keluarga dan masyarakat luas. Saya sangat antusias untuk mengenal lebih dekat mengenai produk baru dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, meskipun tempatnya di Kampung Melayu tapi pikirannya berusaha untuk maju terus demi kemajuan bangsa. Terkait produk baru tersebut yaitu hadirnya Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak dimana para pasien dapat melakukan konsultasi dan tentu saja melakukan perawatan di sini.


Untuk sekedar info saja ya, penderita parkinson diperkirakan pada tahun 2040 bisa menyentuh angka 17 juta dan ditahun ini saja sudah menyentuh angka 9 jutaan diseluruh dunia. Maksudnya apa nih? Maksudnya bahwa penyakit parkinson menjadi salah satu penyakit yang mendapat perhatian khusus diseluruh dunia karena peningkatan penderita yang cukup signifikan. Biasanya penderita parkinson dialami oleh orang yang sudah menginjak usia 60 tahun keatas dan jarang terjadi pada usia dibawah 50 tahun, bukan berarti tidak ada lho ya. Dengan adanya umur yang meningkat tentu populasi usia lanjut juga bertambah, yang tentu juga memungkinkan meningkatnya penderita parkinson.

Ada beberapa faktor-faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan para penderita parkinson selain umur, yaitu adanya polusi yang menggunakan zat-zat kimia. Tapi anehnya ya, ada beberapa hal terkait penggunaan tembakau malah justru mengurangi kemungkinan seseorang terkena parkinson. Intinya jika seseorang mengurangi konsumsi rokoknya maka akan berdampak pada kemungkinan seseorang terkena parkinson. Begitu juga dengan obat-obat peradangan yang ternyata juga mampu mengurangi seseorang terkena parkinson. 



Penyakit parkinson itu umumnya yang orang kenal itu kalau seseorang gemetaran berarti dia parkinson. Memang betul yang gampang dilihat oleh orang awam seperti itu. Gejala tremor atau gejala gemetaran merupakan ciri khas parkinson, biasanya itu terjadi pada seseorang yang sedang istirahat namun tangannya gemetar. Umumnya dimulai dari tangan yang gemetar, makanya para penderita parkinson sering kali memasukkan tangannya kedalam saku agar tidak terlihat gemetarnya. Karena parkinson itu tremornya terjadi pada saat istirahat, malah waktu beraktivitas tidak terlalu nampak terjadinya tremor. Gejala lainnya selain tremor yaitu kaku, jadi semcam sulit menggerakkan anggota tubuh. Kemudian adanya lamban dalam bergerak, contohnya seseorang yang biasa mandi 10 menit, ini bisa sampai 30 menit. Jadi segalanya serba lama dan lambat. Selain itu juga mudah jatuh dan ini semua merupakan ciri khas gejala utama pada gangguan parkinson.

Gejala ini yang mesti ditangkap oleh dokter, yaitu gejala non motor penyakit parkinson. Contohnya saja diluar negeri, klinik parkinson dan gangguan gerak sudah berkembang jauh, semacam spesialis parkinson. Kalau kita pernah mendengar legenda Tinju Dunia yaitu Muhammad Ali? Dimana dia sebelum terkena parkinson sering kali meledek lawannya sebelum bertanding, namun setelah terkena penyakit ini semuanya berubah. 



Terkait penyakit parkinson tentu ada beberapa  pengobatan yang bisa ditempuh, diantaranya melalui obat oral, obat infus dan operasi. Jangan pernah mencoba untuk mengobati sendiri dengan hanya melalui googling semata, yang ada malah akan berdampak buruk pada pasien. Konsultasikan sama ahlinya, dalam hal ini jangan pernah sungkan untuk membawa langsung ke RS Premier Jatinegara karena sudah hadir Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak. Pasiennya akan ditangani langsung oleh para dokter ahli yang sudah sangat berpengalaman dengan fasilitas terbaik yang dimiliki oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKN Kota Dunia Untuk Semua

Sudah sejak lama saya penasaran, sudah sejauh mana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Saat kita baca berita, mungkin ada yang masih meragukan akan proses pembangunannya kalau tidak melihat langsung dengan mata sendiri. Dengan adanya para influencer yang langsung menuju pembangunan IKN beberapa saat lalu, semakin banyak dari kita semua termasuk saya yang begitu takjub akan pembangunan IKN yang diperkirakan rampung di tahun 2045, jadi memang benar nyata ya proses pembanguna IKN yang sedang berlangsung saat ini. Temu Influencer Proses Pembangunan IKN Saya sebagai generasi muda begitu antusias akan setiap proses yang berlngsung sampai bisa selesai secara menyeluruh pembanguna IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur dengan proses pembangunannya saat ini sudah mencapai 56%. Temu Influencer di Kembang Goela Jakarta Beberapa hari lalu, saya dan para influencer lainnya berkesempatan untuk bisa menyimak secara langsung perkembangan IKN

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali.  Peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncu

pulse asisten kesehatan dalam genggaman

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta lagi gak menentu, terkadang hujan deras yang cukup lama lalu besoknya matahari begitu teriknya. Kondisi seperti inilah yang gampang bikin siapapun mudah sakit, apalagi jika kita kurang menjaga kondisi tubuh. Hidup di kota besar yang serba cepat ternyata dapat membuat seseorang mudah stres, kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak teratur. Jika hal ini terus menerus dilakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit. Jika sudah sakit maka melakukan hal apapun tentu akan menjadi hal yang tidak mudah dan orang-orang disekitar kita juga akan terkena dampaknya seperti harus membelikan obat atau bahkan harus menjaga kita yang sakit. Jangan sampai salah mendiagnosa diri sendiri sedang terkena penyakit apa, jika sampai salah justru akan berujung pada kesehatan yang semakin buruk. Dikehidupan yang semakin modern ini ternyata permintaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin tinggi termasuk melalu dunia digital. Untuk itu had