Langsung ke konten utama

saatnya adaptasi kebiasaan baru

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya kawan. Ya memang saat ini kita semua mungkin sering diingatkan entah oleh saudara sendiri atau kawan untuk selalu jaga kesehatan. Apalagi mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk selalu jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Wabah pandemi yang melanda negeri ini menuntut semua pihak untuk segera bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru, termasuk saya sendiri yang harus bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang. Adaptasi baru harus dilakukan agar tidak terjadi penularan virus, walau kadang masih banyak pihak-pihak yang tidak mengindahkan anjuran Pemerintah kalau kita melihat postingan di sosial media atau berita terkini.


Ya saat ini anjuran yang siapapun bisa mengatakannya dan saling mengingatkan satu sama lain. Tetapi dalam penerapannya saya melihat masih banyak yang tidak menjakankannya. Pemerintah saat ini sudah menggalakkan yang namanya 3M, yaitu Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan. Seperti apa yang disampaikan Dr. Rose Mini Agus Salim, M.Psi yang menyatakan ada beberapa cara untuk bisa meningkatkan kesadaran diri dalam adaptasi kebiasaan baru. Pertama itu perkuat moral virtue, kenali manfaat 3 M, terapkan kebiasaan konsisten dan mulailah dari diri sendiri. Lalu saatnya bawa pengaruh tersebut ke lingkungan sendiri agar bisa menjadi contoh untuk lingkungan.


Seperti apa yang disampaikan oleh dr. Riskiyana S. Putra, M. Kes bahwa saat ini kita harus menerapkan 3M secara disiplin dan ini salah satu bentuk nyata yang bisa kita semua lakukan untuk memutus rantai Covid-19 dan saya yakin jika kita semua kompak maka wabah ini bisa segera berakhir. Kalau semua ini berlarut-larut diyakini akan berpengaruh kekeadaan perekonomian, karena memang ini berdampak kesemua aspek. Jangan sampai kesadaraan terhadap 3M menurun, maka kita semua harus bisa terus saling mengingatkan. 

Saya yakin ketika kita update informasi termasuk update sosial media, banyak sekali pihak-pihak yang tidak pernah henti-hentinya untuk terus share terkait protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. Jika teman-teman ikut Komunitas apapun itu, saya yakin Komunitas tersebut akan selalu share informasi positif untuk dapat mengikuti protokol kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya yang saya lihat yaitu dibeberapa sosmednya Bloggercrony yang bisa terus merangkul para anggotanya untuk bisa berbagi dan share apapun yang bisa kita lakukan saat ini untuk bisa tetap survive. Salah satu yang saya ingat, yaitu mengajak para anggotanya untuk sharing dimedsosnya ketika bertemu pedagang yang tetap menerapkan protokol kesehatan saat mereka berjualan. Ini mungkin langkah kecil nyata yang secara tidak langsung bisa sama-sama untuk saling mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.


Adaptasi kebiasaan baru saya akui bukan perkara mudah. Saya sendiri ketika bertemu saudara sendiri yang entah darimana terkadang sulit untuk jaga jarak. Perlahan tapi pasti saya berusaha untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Istri aja sampai merasa terheran-heran karena saya cukup rajin mengingatkan agar selalu cuci tangan dan jaga jarak ketika dimanapun berada. Jangan sampai keegoisan kita terhadap protokol kesehatan malah merugikan diri sendiri dan keluarga. Selalu selalu ya dimanapun kalian berada.








Komentar

  1. yang paling penting tetap pakai masker ya mas
    ini yang mulai disepelekan banyak orang
    apalagi bagi mereka yang sudah tidak percaya covid
    sedih lihatnya
    makanya kita harus tetap konsisten pakai masker dan PHBS lain serta mengkampanyekan kepada orang sekitar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memutus Mata Rantai Penularan Kusta dengan Kolaborasi Pentahelix

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya, terutama untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti talkshow ruang publik KBR yang mengusung tema hapuskan stigma dan diskriminasi kusta, semoga ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan semua pihak tentang pentingnya meletakkan kesehatan sebagai prioritas dari semua aspek kehidupan. Berbicara mengenai kusta, penyakit yang satu ini seringkali terlupakan, terbukti hingga saat ini Indonesia tetap menempati urutan ke-3 sebagai penyumbang kasus baru kusta dengan 17.000 kasus baru per tahunnya.  Perlu adanya tanggung jawab bersama kita semua, terutama dalam upaya edukasi masyarakat untuk memutus mata rantai penularan kusta secara komprehensif di masyarakat, untuk itu kolaborasi pentahelix yang melibatkan lintas sektor perlu dilakukan. Pihak akademisi, Pemerintah, pelaku bisnis, komunitas hingga media harus bersatu untuk memutus mata rantai pe

Hometown Dairy Fresh Milk Susu Favorite Keluargaku

Hallo Teman-temanku apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat walfiat,produktif dan selalu semangat dalam menjalankan kegiatan pada masa pandemi ini. Pada saat pandemi ini menjaga kesehatan dan pikiran positif lebih penting karena buat meningkatkan imunitas kita. Biasanya saya selalu menjaga pola makan sehat seperti makan buah, sayuran, dan susu. Selain pola makan kita harus rutin olahraga supaya tidak melar badan karena dirumah aja hihihi. Kalo ngomongin susu saya paling suka Hometown Dairy Fresh Milk karena merupakan susu segar yang very creamy banget.    Tentang Hometown Dairy Fresh Milk  Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar),maka hometown hanya tahan sebentar. Susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada yang diambil dari susunya juga. Jadi keep as it is seperti zaman dulu masih real. Kalian wajib coba karena susunya segar dan enak terus natural banget dengan cream alami susu, nothing added

Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir dengan Alfagift

Saat ini sepertinya kita semua lumayan sering ya belanja di toko online, apalagi di tengah situasi saat ini yang mengharuskan kita semua lebih baik untuk tetap di rumah aja. Saya termasuk orang yang suka memanfaatkan jasa kurir online dari toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau lokasi rumah yang lumayan jauh jaraknya tentu sangat terbantu sekali dengan adanya minimarket yang bisa mengantarkan langsung pesanan ke rumah saya. Saya yakin diantara teman-teman semua pasti sering bangetkan ke Alfamart ? Lokasinya yang sudah tersebar dimana-mana memudahkan siapapun untuk dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, karena memang semua ada banget di Alfamart . Mungkin diantara teman-teman semua ada yang lumayan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau kegiatan lainnya yang memungkinkan kawan-kawan tidak punya cukup waktu walau sekedar untuk belanja langsung ke Alfamart . Nah ternyata ada solusinya lho dengan hadirnya aplikasi Alfagift persembahan dari Alfamart . Jadi