Langsung ke konten utama

Maksimalkan Foto Produk Agar Semakin Cuan

Saya melihat bahwa para pelaku UMKM setelah pandemi semakin banyak yang mulai tumbuh, hal ini terbukti ketika kita mencari apapun rasanya ada saja yang jual baik secara langsung maupun melalui dunia maya. Memaksimalkan dunia maya untuk jualan merupakan salah cara agar produk atau jasa kita semakin mudah dikenal oleh masyarakat dan pada akhirnya berimbas pada hasil laba yang maksimal.


Para penggiat usaha harus bisa lebih kreatif menampilkan foto produknya agar semakin menarik minat pembeli. Beberapa hari lalu saya berkesempatan untuk menyimak paparan yang  dilakukan oleh Kelas Pintar Bersama yang berlokasi di Connecinc, Cipete Jakarta Selatan yang mengangkat tema Tingkatkan Daya Saing Produk Lewat Fotografi dan Media Sosial. Diharapkan dengan adanya sesi sharing ini akan semakin banyak dari kita pelaku usaha yang produknya dikenal oleh masyarakat dan tentunya semakin cuan usahanya. 

Saya mengikuti sesi talkshow Kelas Pintar Bersama yang menghadirkan nara sumber yang begitu kompeten, diantaranya Arsya Helmi (Regulatory Compliance Kredit Pintar), Puji Sekaryadi (Brand Manager Kredit Pintar) dan Nita Kurnia (Penggiat UMKM & Fotografer Produk). Kita yang hadir mendapat edukasi mengenai literasi keuangan dan pemberdayaan wirausaha.


Hadirnya Kredit Pintar yang memang memudahkan siapapun untuk bisa melakukan pinjaman online, namun kita semua harus jeli dalam hal penggunannya. Edukasi yang dilakukan oleh Kredit Pintar semakin membuka wawasan kepada kita semua agar pentingnya mengetahui dengan jelas mana pinjaman online legal dan pinjaman online ilegal. Kredit Pintar sendiri merupakan platform digital yang sudah berizin, terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Saya ada tips agar para pelaku usaha dapat bisa terus berkembang ketika modal yang didapat berasal dari pinjaman online. Usahakan untuk harus memahami utang yang kita lakukan, lalukan perencanaan pembayaran dan usahakan hindari utang baru agar tidak menyulitkan diri kita dikemudian hari. Untuk para pelaku usaha, lakukan perhitungan dengan cermat untuk meminimalisir kerugian.

Sebagai pelaku usaha tentunya harus mengetahui betul produk yang akan dijualnya. Setiap produk tentu memiliki ciri khasnya, untuk itu perlu untuk menggali lebih dalam kekuatan dari produknya. Hal ini untuk lebih memudahkan saat dilakukannya foto produk. Segmentasi pasar juga harus dikenal, misal makanan yang akan ditargetkan untuk siapa. Hal ini agar semakin jelas segmentasi pasar dan konsumennya. Yang terakhir, selalu pasarkan produk kalian melalui beragam sosial media dan online shop yang memang marketnya sudah begitu luas.


Saat ini saya dan adik saya sudah lama jualan online, kami tentu memanfaatkan betul gimana orang-orang secara aktif masih mencari produk yang mereka inginkan tidak hanya melalui online shop namun terkadang mereka mencari di sosial media. Makanya tidak heran, kalau masih ada orang yang menemukan produk incarannya melalui sosial media, untuk transaksinya nanti akan diarahkan bisa melalui COD ataupun via online shop. 

Ketika jualan melalu media sosial atau online shop, foto produk harus benar-benar diperhatikan. Kita sering mendengar yang namanya jauth cinta pada pandangan pertama, begitu juga dengan produk yang akan kita jual. Buat seolah-olah ketika orang melihatnya, mereka langsung tergiur akan produk atau makanan yang kita jual. Contoh paling mudah makanan saja, kita terkadang mudah tergiur untuk membeli walau hanya melihat tampilan produknya saja. 

Beberapa tips yang mungkin bisa kita lakukan agar semakin maksimal foto produknya. Pilih background yang clean, hal ini agar mata dapat lebih fokus ke produnya. Bisa menggunakan model agar tampilan lebih beda. Kunci fotografi adalah cahaya yang cukup, usahakan jangan terlalu gelap saat sedang foto produk agar hasilnya maksimal dan lebih bagus. Kita juga harus menentukan tema foto yang akan dibuat, sehingga produk kita lebih dikenal dan memiliki ciri khas.Yang terakhir, saat masuk proses editing kita harus bisa membuat hasil fotonya semakin menarik dan semakin diminati.

Semoga ya dengan kita bisa memaksimalkan foto produk yang lebih bagus, yang pada akhirnya produk kita semakin dikenal masyarakat untuk mencobanya dan bukan tidak mungkin usaha kita dapat terus berkembang dan sukses. Salam cuan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKN Kota Dunia Untuk Semua

Sudah sejak lama saya penasaran, sudah sejauh mana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Saat kita baca berita, mungkin ada yang masih meragukan akan proses pembangunannya kalau tidak melihat langsung dengan mata sendiri. Dengan adanya para influencer yang langsung menuju pembangunan IKN beberapa saat lalu, semakin banyak dari kita semua termasuk saya yang begitu takjub akan pembangunan IKN yang diperkirakan rampung di tahun 2045, jadi memang benar nyata ya proses pembanguna IKN yang sedang berlangsung saat ini. Temu Influencer Proses Pembangunan IKN Saya sebagai generasi muda begitu antusias akan setiap proses yang berlngsung sampai bisa selesai secara menyeluruh pembanguna IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur dengan proses pembangunannya saat ini sudah mencapai 56%. Temu Influencer di Kembang Goela Jakarta Beberapa hari lalu, saya dan para influencer lainnya berkesempatan untuk bisa menyimak secara langsung perkembangan IKN

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali.  Peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncu

pulse asisten kesehatan dalam genggaman

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta lagi gak menentu, terkadang hujan deras yang cukup lama lalu besoknya matahari begitu teriknya. Kondisi seperti inilah yang gampang bikin siapapun mudah sakit, apalagi jika kita kurang menjaga kondisi tubuh. Hidup di kota besar yang serba cepat ternyata dapat membuat seseorang mudah stres, kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak teratur. Jika hal ini terus menerus dilakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit. Jika sudah sakit maka melakukan hal apapun tentu akan menjadi hal yang tidak mudah dan orang-orang disekitar kita juga akan terkena dampaknya seperti harus membelikan obat atau bahkan harus menjaga kita yang sakit. Jangan sampai salah mendiagnosa diri sendiri sedang terkena penyakit apa, jika sampai salah justru akan berujung pada kesehatan yang semakin buruk. Dikehidupan yang semakin modern ini ternyata permintaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin tinggi termasuk melalu dunia digital. Untuk itu had