Langsung ke konten utama

Saatnya Lindungi Keluarga dari Penyakit Diabetes

Halo semua semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Sudah memasuki akhir bulan november dibeberapa lokasi sering banget turun hujan, hal ini bikin orang-orang pada malas bergerak. Bahkan cenderung ingin ngemil terus, ordernyapun via online tanpa perlu melangkah  sedikitpun keluar. Hal yang seperti ini jangan terus-menerus dibiasakan, apalagi mengkonsumsi makanan yang ternyata mampu menyebabkan penyakit diabetes. Menurut Kementrian Kesehatan RI, diabetes menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.


Tingginya Penyakit Tidak Menular di Indonesia
Sebelumnya saya sudah share tulisan saya mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata dan berat badan agar terhindar dari obesitas di di blog saya. Kali ini saya ingin share apa yang saya dapat ketika datang ke seminar mengenai diabetes, tepatnya berbicara mengenai pentingnya melindungi keluarga dari diabetes yang bertempat di Kementrian Kesehatan. Saat berbicara mengenai diabetes, yang harus di perhatikan bahwa diabetes itu ibu dari segala penyakit yang berarti juga dikelompokkan kedalam penyakit tidak menular. Seperti apa yang dikatakan oleh Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI bahwa pada era 90an tren penyakit menular lebih tinggi seperti halnya TBC, Malaria dan DBD. Namun pada 2017 justru yang meningkat itu PTM (Penyakit Tidak Menular). Saat ini kita berada dimasa transisi dimana penyakit menularnya masih dan terus adanya peningkatan terhadap PTM.



PTM berdasarkan tahun 2014 ternyata mengambil tempat ke-3 tertinggi sebagai penyebab kematian tertinggi. Yang pertama  itu Stroke, Jantung dan Diabetes termasuk diantaranya. Yang ternyata juga sebagai penyebab menurunnya tingkat produktivitas seseorang. 

Sekrang ini dengan adanya kemajuan teknologi termasuk didalamnya segala kemudahan dalam beraktivitas membuat seseorang semakin malas untuk bergerak. Termasuk saya nih, misalnya saja kalau parkir kendaraan inginnya dekat pintu masuk, padahal dengan banyak beraktivitas tubuh akan terasa lebih sehat. Saatnya perbanyak aktivitas fisik minimal 30menit/hari. Kalau saat weekday kita terlalu sibuk dengan aktivitas sekolah/kuliah/kerja ada baiknya meluangkan waktu untuk CFDan saat weekend. Yuk jangan malas, semoga saya juga, terkadang agak mager apalagi kalau cuaca tidak mendukung.

Jangan Biarkan Anak-Anak Terkena Diabetes
Apakah kalian tahu kalau ternyata anak-anak juga dapat terkena diabetes, jadi bukan hanya orang dewasa saja lho. Jadi harus benar-benar diperhatikan terkait penyakit diabetes ini, karena untuk penderita diabetes akan terus minum obat seumur hidupnya. Bagaimana dengan anak-anak yang terkena diabetes, apakah harus minum obat-obatan juga? Ternyata penangannya bukan dengan obat-obatan melainkan insulin. Saatnya kontrol metabolik pada anak-anak agar mereka mampu tumbuh kembang sehat termasuk juga pemberian nutrisi yang tepat. Jika sudah terkena DM saatnya ajak anak-anak untuk berolahraga, perbanyak aktivitas dan jangan pernah ragu untuk konsultasi ke dokter.



Saatnya kita jaga keluarga kita dan edukasi apa yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Saya juga baru tahu untuk pengobatan diabetes memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai karena diabetes semua impian dan cita-cita mesti dikubur dalam-dalam. Tetap sehat dan semangat menjalani hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Apa Dengan YKAN dan CTBC BANK?

Hai semua, kali ini saya akan share mengenai pelestarian alam dan hubungannya dengan donasi. Jujur saja saya baru mengetahui bahwa kita semua dapat berdonasi secara langsung mengenai pelestarian alam dan kehidupannya melalui salah satu bank di Indonesia. Tepatnya kurang lebih nabung sambil berdonasi. Bersama para teman-teman blogger, kami mengikuti sharing session bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN ) dan CTBC BANK . Diwakili oleh Kak Sally Kailola  yang menginformasikan mengenai apa saja yang telah beliau lewati bersama YKAN dan tentu saja keragaman hayati darat dan laut Indonesia yang begitu eksotis. Termasuk perlu adanya menjaga kestabilan alam secara berkelanjutan. Kenapa harus ada Konservasi Alam? Tahukah anda bahwa saat ini begitu banyak keaneka ragaman hayati di Indonesia. Begitu kaya akan keanekaragaman hayati lautnya, dimana terdapat 6 dari 7 spesies penyu dunia terdapat di Indonesia. Begitu juga dengan terumbu karangnya, sebesar 75% spesies t

Serunya Gowes bersama PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Banyak hikmah yang bisa diambil atas apa yang terjadi saat ini, salah satunya semakin banyaknya orang-orang yang rajin bersepeda. Saya hampir setiap weekend melewati jalan sudirman, dimana banyak sekali orang-orang bersepeda membuat barisan dan beriringan, atau bahkan hanya sekedar menepi sambil menikmati indahnya malam pusat kota. Saat ini wabah pandemi masih ada disekitar kita, semoga mereka yang rajin bersepeda secara berkelompok tetap melalukan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Saya juga lumayan rajin bersepeda sebelum adanya wabah pandemi, ya walau hanya berputar sekitaran rumah saja. Saatnya Hidup Aktif dan Sehat PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride Saat ini begitu pentingnya kita untuk tetap menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Salah satunya bisa dengan bersepeda untuk terus menjaga kesehatan seperti halnya kegiatan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride yang telah berlangsung dari tgl 20 hingga 23 agustus kemarin. Ajang bersepeda i

Program Unggulan Garuda Select - The Series hanya ada di MOLA TV

Saat ini saya masih terheran-heran dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia namun masih belum bisa bersaing dengan negara lain dalam hal sepak bola, lain cerita kalau berbicara bulutangkis. Jangankan untuk bersaing dikancah dunia, sekelas ASEAN saja para pemain senior kita sudah tidak terlihat lagi taringnya. Hal ini justru berbeda dengan para pemain junior yang begitu terlihat taringnya ketika berlaga dibeberapa kejuaraan baru-baru ini. Saya berharap mereka tetap konsisten dan terus diasah kemampuannya agar mampu menaklukan daratan Eropa. Kenapa Eropa? Karena disanalah kiblat sepakbola dunia terutama Liga Inggrisnya yang selalu mencuri perhatian jutaan penonton. Siapa yang tidak kenal Duo Manchester, Chelsea, Arsenal, Liverpool atau Leicester City yang mampu bersaing dipapan atas. Berbicara mengenai Liga Inggris dimana banyak sekali pencinta sepakbola yang rela menghabiskan weekendnya untuk menonton klub kesayangannya bertanding. Hal ini yang mencoba dijawab oleh MOLA