Langsung ke konten utama

Saatnya Lindungi Keluarga dari Penyakit Diabetes

Halo semua semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Sudah memasuki akhir bulan november dibeberapa lokasi sering banget turun hujan, hal ini bikin orang-orang pada malas bergerak. Bahkan cenderung ingin ngemil terus, ordernyapun via online tanpa perlu melangkah  sedikitpun keluar. Hal yang seperti ini jangan terus-menerus dibiasakan, apalagi mengkonsumsi makanan yang ternyata mampu menyebabkan penyakit diabetes. Menurut Kementrian Kesehatan RI, diabetes menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.


Tingginya Penyakit Tidak Menular di Indonesia
Sebelumnya saya sudah share tulisan saya mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata dan berat badan agar terhindar dari obesitas di di blog saya. Kali ini saya ingin share apa yang saya dapat ketika datang ke seminar mengenai diabetes, tepatnya berbicara mengenai pentingnya melindungi keluarga dari diabetes yang bertempat di Kementrian Kesehatan. Saat berbicara mengenai diabetes, yang harus di perhatikan bahwa diabetes itu ibu dari segala penyakit yang berarti juga dikelompokkan kedalam penyakit tidak menular. Seperti apa yang dikatakan oleh Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI bahwa pada era 90an tren penyakit menular lebih tinggi seperti halnya TBC, Malaria dan DBD. Namun pada 2017 justru yang meningkat itu PTM (Penyakit Tidak Menular). Saat ini kita berada dimasa transisi dimana penyakit menularnya masih dan terus adanya peningkatan terhadap PTM.



PTM berdasarkan tahun 2014 ternyata mengambil tempat ke-3 tertinggi sebagai penyebab kematian tertinggi. Yang pertama  itu Stroke, Jantung dan Diabetes termasuk diantaranya. Yang ternyata juga sebagai penyebab menurunnya tingkat produktivitas seseorang. 

Sekrang ini dengan adanya kemajuan teknologi termasuk didalamnya segala kemudahan dalam beraktivitas membuat seseorang semakin malas untuk bergerak. Termasuk saya nih, misalnya saja kalau parkir kendaraan inginnya dekat pintu masuk, padahal dengan banyak beraktivitas tubuh akan terasa lebih sehat. Saatnya perbanyak aktivitas fisik minimal 30menit/hari. Kalau saat weekday kita terlalu sibuk dengan aktivitas sekolah/kuliah/kerja ada baiknya meluangkan waktu untuk CFDan saat weekend. Yuk jangan malas, semoga saya juga, terkadang agak mager apalagi kalau cuaca tidak mendukung.

Jangan Biarkan Anak-Anak Terkena Diabetes
Apakah kalian tahu kalau ternyata anak-anak juga dapat terkena diabetes, jadi bukan hanya orang dewasa saja lho. Jadi harus benar-benar diperhatikan terkait penyakit diabetes ini, karena untuk penderita diabetes akan terus minum obat seumur hidupnya. Bagaimana dengan anak-anak yang terkena diabetes, apakah harus minum obat-obatan juga? Ternyata penangannya bukan dengan obat-obatan melainkan insulin. Saatnya kontrol metabolik pada anak-anak agar mereka mampu tumbuh kembang sehat termasuk juga pemberian nutrisi yang tepat. Jika sudah terkena DM saatnya ajak anak-anak untuk berolahraga, perbanyak aktivitas dan jangan pernah ragu untuk konsultasi ke dokter.



Saatnya kita jaga keluarga kita dan edukasi apa yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Saya juga baru tahu untuk pengobatan diabetes memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai karena diabetes semua impian dan cita-cita mesti dikubur dalam-dalam. Tetap sehat dan semangat menjalani hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memutus Mata Rantai Penularan Kusta dengan Kolaborasi Pentahelix

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya, terutama untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti talkshow ruang publik KBR yang mengusung tema hapuskan stigma dan diskriminasi kusta, semoga ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan semua pihak tentang pentingnya meletakkan kesehatan sebagai prioritas dari semua aspek kehidupan. Berbicara mengenai kusta, penyakit yang satu ini seringkali terlupakan, terbukti hingga saat ini Indonesia tetap menempati urutan ke-3 sebagai penyumbang kasus baru kusta dengan 17.000 kasus baru per tahunnya.  Perlu adanya tanggung jawab bersama kita semua, terutama dalam upaya edukasi masyarakat untuk memutus mata rantai penularan kusta secara komprehensif di masyarakat, untuk itu kolaborasi pentahelix yang melibatkan lintas sektor perlu dilakukan. Pihak akademisi, Pemerintah, pelaku bisnis, komunitas hingga media harus bersatu untuk memutus mata rantai pe

Hometown Dairy Fresh Milk Susu Favorite Keluargaku

Hallo Teman-temanku apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat walfiat,produktif dan selalu semangat dalam menjalankan kegiatan pada masa pandemi ini. Pada saat pandemi ini menjaga kesehatan dan pikiran positif lebih penting karena buat meningkatkan imunitas kita. Biasanya saya selalu menjaga pola makan sehat seperti makan buah, sayuran, dan susu. Selain pola makan kita harus rutin olahraga supaya tidak melar badan karena dirumah aja hihihi. Kalo ngomongin susu saya paling suka Hometown Dairy Fresh Milk karena merupakan susu segar yang very creamy banget.    Tentang Hometown Dairy Fresh Milk  Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar),maka hometown hanya tahan sebentar. Susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada yang diambil dari susunya juga. Jadi keep as it is seperti zaman dulu masih real. Kalian wajib coba karena susunya segar dan enak terus natural banget dengan cream alami susu, nothing added

Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir dengan Alfagift

Saat ini sepertinya kita semua lumayan sering ya belanja di toko online, apalagi di tengah situasi saat ini yang mengharuskan kita semua lebih baik untuk tetap di rumah aja. Saya termasuk orang yang suka memanfaatkan jasa kurir online dari toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalau lokasi rumah yang lumayan jauh jaraknya tentu sangat terbantu sekali dengan adanya minimarket yang bisa mengantarkan langsung pesanan ke rumah saya. Saya yakin diantara teman-teman semua pasti sering bangetkan ke Alfamart ? Lokasinya yang sudah tersebar dimana-mana memudahkan siapapun untuk dapat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, karena memang semua ada banget di Alfamart . Mungkin diantara teman-teman semua ada yang lumayan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari atau kegiatan lainnya yang memungkinkan kawan-kawan tidak punya cukup waktu walau sekedar untuk belanja langsung ke Alfamart . Nah ternyata ada solusinya lho dengan hadirnya aplikasi Alfagift persembahan dari Alfamart . Jadi