Langsung ke konten utama

Saatnya Lindungi Keluarga dari Penyakit Diabetes

Halo semua semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Sudah memasuki akhir bulan november dibeberapa lokasi sering banget turun hujan, hal ini bikin orang-orang pada malas bergerak. Bahkan cenderung ingin ngemil terus, ordernyapun via online tanpa perlu melangkah  sedikitpun keluar. Hal yang seperti ini jangan terus-menerus dibiasakan, apalagi mengkonsumsi makanan yang ternyata mampu menyebabkan penyakit diabetes. Menurut Kementrian Kesehatan RI, diabetes menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.


Tingginya Penyakit Tidak Menular di Indonesia
Sebelumnya saya sudah share tulisan saya mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata dan berat badan agar terhindar dari obesitas di di blog saya. Kali ini saya ingin share apa yang saya dapat ketika datang ke seminar mengenai diabetes, tepatnya berbicara mengenai pentingnya melindungi keluarga dari diabetes yang bertempat di Kementrian Kesehatan. Saat berbicara mengenai diabetes, yang harus di perhatikan bahwa diabetes itu ibu dari segala penyakit yang berarti juga dikelompokkan kedalam penyakit tidak menular. Seperti apa yang dikatakan oleh Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI bahwa pada era 90an tren penyakit menular lebih tinggi seperti halnya TBC, Malaria dan DBD. Namun pada 2017 justru yang meningkat itu PTM (Penyakit Tidak Menular). Saat ini kita berada dimasa transisi dimana penyakit menularnya masih dan terus adanya peningkatan terhadap PTM.



PTM berdasarkan tahun 2014 ternyata mengambil tempat ke-3 tertinggi sebagai penyebab kematian tertinggi. Yang pertama  itu Stroke, Jantung dan Diabetes termasuk diantaranya. Yang ternyata juga sebagai penyebab menurunnya tingkat produktivitas seseorang. 

Sekrang ini dengan adanya kemajuan teknologi termasuk didalamnya segala kemudahan dalam beraktivitas membuat seseorang semakin malas untuk bergerak. Termasuk saya nih, misalnya saja kalau parkir kendaraan inginnya dekat pintu masuk, padahal dengan banyak beraktivitas tubuh akan terasa lebih sehat. Saatnya perbanyak aktivitas fisik minimal 30menit/hari. Kalau saat weekday kita terlalu sibuk dengan aktivitas sekolah/kuliah/kerja ada baiknya meluangkan waktu untuk CFDan saat weekend. Yuk jangan malas, semoga saya juga, terkadang agak mager apalagi kalau cuaca tidak mendukung.

Jangan Biarkan Anak-Anak Terkena Diabetes
Apakah kalian tahu kalau ternyata anak-anak juga dapat terkena diabetes, jadi bukan hanya orang dewasa saja lho. Jadi harus benar-benar diperhatikan terkait penyakit diabetes ini, karena untuk penderita diabetes akan terus minum obat seumur hidupnya. Bagaimana dengan anak-anak yang terkena diabetes, apakah harus minum obat-obatan juga? Ternyata penangannya bukan dengan obat-obatan melainkan insulin. Saatnya kontrol metabolik pada anak-anak agar mereka mampu tumbuh kembang sehat termasuk juga pemberian nutrisi yang tepat. Jika sudah terkena DM saatnya ajak anak-anak untuk berolahraga, perbanyak aktivitas dan jangan pernah ragu untuk konsultasi ke dokter.



Saatnya kita jaga keluarga kita dan edukasi apa yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Saya juga baru tahu untuk pengobatan diabetes memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai karena diabetes semua impian dan cita-cita mesti dikubur dalam-dalam. Tetap sehat dan semangat menjalani hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKN Kota Dunia Untuk Semua

Sudah sejak lama saya penasaran, sudah sejauh mana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Saat kita baca berita, mungkin ada yang masih meragukan akan proses pembangunannya kalau tidak melihat langsung dengan mata sendiri. Dengan adanya para influencer yang langsung menuju pembangunan IKN beberapa saat lalu, semakin banyak dari kita semua termasuk saya yang begitu takjub akan pembangunan IKN yang diperkirakan rampung di tahun 2045, jadi memang benar nyata ya proses pembanguna IKN yang sedang berlangsung saat ini. Temu Influencer Proses Pembangunan IKN Saya sebagai generasi muda begitu antusias akan setiap proses yang berlngsung sampai bisa selesai secara menyeluruh pembanguna IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur dengan proses pembangunannya saat ini sudah mencapai 56%. Temu Influencer di Kembang Goela Jakarta Beberapa hari lalu, saya dan para influencer lainnya berkesempatan untuk bisa menyimak secara langsung perkembangan IKN

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali.  Peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncu

pulse asisten kesehatan dalam genggaman

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta lagi gak menentu, terkadang hujan deras yang cukup lama lalu besoknya matahari begitu teriknya. Kondisi seperti inilah yang gampang bikin siapapun mudah sakit, apalagi jika kita kurang menjaga kondisi tubuh. Hidup di kota besar yang serba cepat ternyata dapat membuat seseorang mudah stres, kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak teratur. Jika hal ini terus menerus dilakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit. Jika sudah sakit maka melakukan hal apapun tentu akan menjadi hal yang tidak mudah dan orang-orang disekitar kita juga akan terkena dampaknya seperti harus membelikan obat atau bahkan harus menjaga kita yang sakit. Jangan sampai salah mendiagnosa diri sendiri sedang terkena penyakit apa, jika sampai salah justru akan berujung pada kesehatan yang semakin buruk. Dikehidupan yang semakin modern ini ternyata permintaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin tinggi termasuk melalu dunia digital. Untuk itu had