Langsung ke konten utama

Mengasah Talent bersama Erlangga Talent Week dan Belajar Menulis bersama Achi TM

Saya yakin setiap individu terlahir dengan kelebihannya masing-masing, problemnya adalah kesadaran untuk menggali potensi yang ada dalam diri yang menghambat seseorang untuk terus mengasah kelebihannya. Setiap generasi punya caranya sendiri untuk berkembang terutama kaitannya dengan perkembangan teknologi.



Saat ini kita sering mendengar istilah generasi Millenial dan Generasi Y. Namun untuk generasi yang lahir tahun 1995-2010 kita sebut dengan Generasi Z. Anak-anak generasi Z sangat identik dengan akses internet yang tinggi, termasuk didalamnya penggunaan media sosial. Akses informasi yang mudah dan cepat tentu mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki. Atas dasar inilah Erlangga Talent Week (ETW) 2019 hadir dengan menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Ada beragam perlombaan yang bisa diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA, SMK sederajat. Diantaranya berupa Erlangga English Speech Contest, Modern Choir, Traditional Dance dan Battle of The Band. Mereka semua akan bersaing menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019. 

Selain ajang lomba yang terselenggara di ETW ternyata kita juga bisa mengikuti beragam talkshow. Salah satu talkshow yang saya ikuti yaitu mengenai penulisan naskah bersama ACHI TM. Beliau adalah penulis 32 buku dan lebih dari 200 skenario TV yang sudah dibuat. Beliau tidak segan-segan untuk membagi beragam tips agar naskah yang kita buat diterima penerbit, dalam hal ini Erlangga tentunya.


Misalnya saja gimana sih untuk buat novel? Apa saja yang mesti diperhatikan. Menurut kak ACHI TM banyak para calon penulis yang lemah dalam hal pengembangan karakter dan plot. Ketika kita yakin bahwa novel  kita sudah bagus banget, tetapi ketika sampai ke editor ternyata konfliknya datar banget, tidak ada kejutannya. Hal-hal seperti ini yang mesti diperhatikan. Terus jangan mudah putus asa ketika tulisan kita ditolak penerbit, mungkin saja tidak sesuai dengan selera si editornya. Intinya jangan pernah ragu untuk mencoba untuk menawarkan naskah ke penerbit Erlangga.

Bicara mengenai buku-buku Erlangga ternyata sudah sejak lama lho Erlangga menerbitkan Novel selain tentu saja buku-buku pelajaran yang sudah dikenal masyarakat luas. Jika novel sudah terbit tentu saja penulis akan mendapatkan reward berupa royalty atas karyanya. Erlangga merupakan salah satu penerbit yang memiliki laporan rutinitas yang transparan, apalagi mereka mempunyai tim marketing yang bagus dalam hal pemasaran bukunya.


Yuk mulai sekarang sudah saatnya kita kembangkan potensi yang ada, misal teman-teman hoby menulis gak ada salahnya diajukan kepenerbit untuk naskahnya karena kak ACHI TM saja sudah biasa ditolak editor saat awal-awal merintis. Intinya jangan ragu dan cobalah buat sesuatu yang beda juga, misal sesuatu yang unik yang jarang ada dipasaran. Teruslah berkarya dan menginspirasi siapapun

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Gowes bersama PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Banyak hikmah yang bisa diambil atas apa yang terjadi saat ini, salah satunya semakin banyaknya orang-orang yang rajin bersepeda. Saya hampir setiap weekend melewati jalan sudirman, dimana banyak sekali orang-orang bersepeda membuat barisan dan beriringan, atau bahkan hanya sekedar menepi sambil menikmati indahnya malam pusat kota. Saat ini wabah pandemi masih ada disekitar kita, semoga mereka yang rajin bersepeda secara berkelompok tetap melalukan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Saya juga lumayan rajin bersepeda sebelum adanya wabah pandemi, ya walau hanya berputar sekitaran rumah saja. Saatnya Hidup Aktif dan Sehat PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride Saat ini begitu pentingnya kita untuk tetap menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Salah satunya bisa dengan bersepeda untuk terus menjaga kesehatan seperti halnya kegiatan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride yang telah berlangsung dari tgl 20 hingga 23 agustus kemarin. Ajang bersepeda i

Tertawa Bahagia Melalui Konten yang Segar

Sekarang ini kita dihadapkan pada situasi yang tidak mudah, dimana harus terus berjuang ditengah kondisi yang gak pasti. Tetapi hidup harus terus berjalan dengan fokus atas apa yang telah dicita-citakan. Saya selalu berusaha mengingatkan diri ini agar tetap semangat, termasuk jika bertemu dengan orang lain. Aura positif menurut saya bisa menular kepada siapapun yang kita temui, termasuk saat kita merasa bahagia. Entah bahagia karena bertemu kawan lama, atau bahagia saat sedang tertawa bersama. Jokes- jokes receh saat ngobrol dengan kawan secara gak langsung bisa sedikit meringankan beban yang selama ini kita rasakan. Resep Bahagia lewat Ketawa bersama Ardit Erwandha Tetap Produktif ditengah Kondisi yang Tidak Menentu Hidup ini jangan terlalu dibuat rumit ya, saya sendiri berusaha untuk tidak menjadikan keterbatasan sekarang jadi sebuah penghalang. Seperti apa yang dishare oleh seorang komika yaitu Ardit Erwandha yang berusaha untuk tetap berjuang melalui konten-konten kreatif yang dibu

PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah Solusi Tepat Kesehatan

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Disaat seperti sekarag ini, dimana semua aktivitas harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, jadi harus tetap jaga kesehatan ya. Saat ini memang kita sedang memasuki New Normal setelah beberapa pekan sebagian dari kita termasuk saya harus tetap berada di rumah aja. Kembali beraktivitas stamina tentu harus tetap terjaga, jangan sampai deh badan kita mudah drop ya. Karena kalau sampai sakit dan harus melakukan perawatan tentu akan berdampak pada keuangan kita pastinya. Memang ya tidak ada yang menyangka kalau wabah pandemi yang sedang heboh saat ini bikin kita harus terus beradaptasi terhadap situasi saat ini. Stay Healthy Banyak banget tantangan yang harus dihadapai, termasuk ketidakpastian akibat pandemi. Jadi saya termasuk yang sebijak mungkin mengatur keuangan agar keadaan keuangan saya tetap stabil. Salah satu yang sulit diprediksi dimasa depan yaitu mengenai kesehatan, jadi memiliki asuransi merupa