Langsung ke konten utama

Mengasah Talent bersama Erlangga Talent Week dan Belajar Menulis bersama Achi TM

Saya yakin setiap individu terlahir dengan kelebihannya masing-masing, problemnya adalah kesadaran untuk menggali potensi yang ada dalam diri yang menghambat seseorang untuk terus mengasah kelebihannya. Setiap generasi punya caranya sendiri untuk berkembang terutama kaitannya dengan perkembangan teknologi.



Saat ini kita sering mendengar istilah generasi Millenial dan Generasi Y. Namun untuk generasi yang lahir tahun 1995-2010 kita sebut dengan Generasi Z. Anak-anak generasi Z sangat identik dengan akses internet yang tinggi, termasuk didalamnya penggunaan media sosial. Akses informasi yang mudah dan cepat tentu mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki. Atas dasar inilah Erlangga Talent Week (ETW) 2019 hadir dengan menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Ada beragam perlombaan yang bisa diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA, SMK sederajat. Diantaranya berupa Erlangga English Speech Contest, Modern Choir, Traditional Dance dan Battle of The Band. Mereka semua akan bersaing menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019. 

Selain ajang lomba yang terselenggara di ETW ternyata kita juga bisa mengikuti beragam talkshow. Salah satu talkshow yang saya ikuti yaitu mengenai penulisan naskah bersama ACHI TM. Beliau adalah penulis 32 buku dan lebih dari 200 skenario TV yang sudah dibuat. Beliau tidak segan-segan untuk membagi beragam tips agar naskah yang kita buat diterima penerbit, dalam hal ini Erlangga tentunya.


Misalnya saja gimana sih untuk buat novel? Apa saja yang mesti diperhatikan. Menurut kak ACHI TM banyak para calon penulis yang lemah dalam hal pengembangan karakter dan plot. Ketika kita yakin bahwa novel  kita sudah bagus banget, tetapi ketika sampai ke editor ternyata konfliknya datar banget, tidak ada kejutannya. Hal-hal seperti ini yang mesti diperhatikan. Terus jangan mudah putus asa ketika tulisan kita ditolak penerbit, mungkin saja tidak sesuai dengan selera si editornya. Intinya jangan pernah ragu untuk mencoba untuk menawarkan naskah ke penerbit Erlangga.

Bicara mengenai buku-buku Erlangga ternyata sudah sejak lama lho Erlangga menerbitkan Novel selain tentu saja buku-buku pelajaran yang sudah dikenal masyarakat luas. Jika novel sudah terbit tentu saja penulis akan mendapatkan reward berupa royalty atas karyanya. Erlangga merupakan salah satu penerbit yang memiliki laporan rutinitas yang transparan, apalagi mereka mempunyai tim marketing yang bagus dalam hal pemasaran bukunya.


Yuk mulai sekarang sudah saatnya kita kembangkan potensi yang ada, misal teman-teman hoby menulis gak ada salahnya diajukan kepenerbit untuk naskahnya karena kak ACHI TM saja sudah biasa ditolak editor saat awal-awal merintis. Intinya jangan ragu dan cobalah buat sesuatu yang beda juga, misal sesuatu yang unik yang jarang ada dipasaran. Teruslah berkarya dan menginspirasi siapapun

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cinta sejati dari PRUCinta

Hanya cinta sejati yang bisa, bertahan tanpa mengenal waktu. Ya itu sepenggal lirik dari band element yang masih saya ingat sampai sekarang. Jika kalian membacanya sambil bernyanyi ya mungkin saja kita seumuran nih. Membicarakan cinta memang tidak akan ada habisnya, akan ada ribuan topik yang bisa dibahas dari satu kata cinta. Sampai ada kata-kata hanya maut yang mampu memisahkan cinta kita. Bagi sebagian orang ini mungkin terdengar lebay namun ada juga yang mengaggap ini kata-kata yang sangat puitis sekali. 

PRUCinta Bukti Cinta Sesungguhnya Selalu ada pengorbanan yang akan kita lakukan terhadap orang-orang yang kita cintai, termasuk juga pengorbanan terhadap keluarga pastinya yang entah apapun itu bentuknya pasti akan dilakukan untuk keluarga tercinta. Salah satu wujud cinta yang nyata yang bisa kita lakukan ternyata bisa lho melalui sebuah produk asuransi, maksudnya apa nih produk asuransi? Jadi saat ini Prudential telah meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta untuk memenuhi keb…

pulse asisten kesehatan dalam genggaman

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta lagi gak menentu, terkadang hujan deras yang cukup lama lalu besoknya matahari begitu teriknya. Kondisi seperti inilah yang gampang bikin siapapun mudah sakit, apalagi jika kita kurang menjaga kondisi tubuh. Hidup di kota besar yang serba cepat ternyata dapat membuat seseorang mudah stres, kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak teratur. Jika hal ini terus menerus dilakukan bukan tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit. Jika sudah sakit maka melakukan hal apapun tentu akan menjadi hal yang tidak mudah dan orang-orang disekitar kita juga akan terkena dampaknya seperti harus membelikan obat atau bahkan harus menjaga kita yang sakit. Jangan sampai salah mendiagnosa diri sendiri sedang terkena penyakit apa, jika sampai salah justru akan berujung pada kesehatan yang semakin buruk. Dikehidupan yang semakin modern ini ternyata permintaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin tinggi termasuk melalu dunia digital. Untuk itu hadirl…

Serunya Gowes bersama PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Banyak hikmah yang bisa diambil atas apa yang terjadi saat ini, salah satunya semakin banyaknya orang-orang yang rajin bersepeda. Saya hampir setiap weekend melewati jalan sudirman, dimana banyak sekali orang-orang bersepeda membuat barisan dan beriringan, atau bahkan hanya sekedar menepi sambil menikmati indahnya malam pusat kota. Saat ini wabah pandemi masih ada disekitar kita, semoga mereka yang rajin bersepeda secara berkelompok tetap melalukan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Saya juga lumayan rajin bersepeda sebelum adanya wabah pandemi, ya walau hanya berputar sekitaran rumah saja.

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride Saat ini begitu pentingnya kita untuk tetap menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Salah satunya bisa dengan bersepeda untuk terus menjaga kesehatan seperti halnya kegiatan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride yang telah berlangsung dari tgl 20 hingga 23 agustus kemarin. Ajang bersepeda ini bertujuan untuk menjaga keseh…